Cara Menjaga Kolesterol Normal saat Hamil, Jangan Malas Olahraga dan Hindari Stres

Jum'at, 23 Juni 2023 - 15:22 WIB
loading...
Cara Menjaga Kolesterol Normal saat Hamil, Jangan Malas Olahraga dan Hindari Stres
Ibu hamil perlu memperhatikan cara-cara untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol saat kehamilan. Hal itu diperlukan dalam pembentukan hormon agar kehamilan tetap sehat. Foto/alodokter
A A A
JAKARTA - Hal-hal ini perlu diperhatkan oleh ibu hamil (Bumil) untuk menjaga kadar kolesterol. Ketika hamil, kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk perkembangan janin di dalam kandungan dan pembentukan ASI.

Selain itu, kolesterol juga diperlukan dalam pembentukan hormon estrogen dan progesteron guna menjaga kehamilan tetap sehat. Bumil harus rutin berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut 6 cara menjaga kadar kolesterol saat hamil.

Tips Jaga Kolesterol Ibu Hamil
Cara Menjaga Kolesterol Normal saat Hamil, Jangan Malas Olahraga dan Hindari Stres

Foto/klikdokter

Wanita yang menderita kolesterol tinggi dianjurkan untuk berkonsultasi dahulu ke dokter sebelum merencanakan kehamilan. Hal ini karena sebagian obat penurun kolesterol tidak aman dikonsumsi saat hamil.



Sedangkan pada ibu hamil, dokter mungkin tidak akan memberikan obat-obatan penurun kolesterol, dan lebih menganjurkan perbaikan pola hidup untuk mengontrol kadar kolesterol.

Kolesterol tinggi pada ibu hamil merupakan hal yang wajar dan akan kembali normal dengan sendirinya dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan. Meski begitu, Bumil tetap perlu menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh, ya.

Cara yang bisa Bumil lakukan untuk menjaga kadar kolesterol antara lain:

1. Mengonsumsi makanan berserat, termasuk kacang-kacangan, gandum dan apel.

2. Mengonsumsi ikan yang kaya akan omega-3, seperti ikan tuna, salmon, dan makarel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)